Hub Kami : ( 085 )779 188 529
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

Pangadereng sebagai Falsafah Hidup Bugis

Sebelum Islam datang ke Nusantara khususnya di  Sulawesi selatan abad  ke -17 Masehi masyarakat bugis sudah memiliki “kepercayaan asli” dan  menyebut Tuhan dengan sebutan “Dewata SeuwaE, yang berarti  Tuhan  kita  yang satu, pemilik alam dan isinya, Tuhan Yang Maha Esa secara monoteistis yaitu kepercayaan bahwa Tuhan adalah satu/tunggal dan berkuasa penuh atas segala sesuatu.
Kepercayaan orang Bugis masa Pra-Islam seperti di gambarkan dalam Sure’ La Galigo, sejak awal telah mempunyai suatu kepercayaan Dewa (Tuhan)  yang tunggal, seperti  berikut : PatotoE (Dia yang menentukan Nasib), Dewata SeuwaE (Dewa yang tunggal), To-Palanroe (sang pencipta) dan lain -lain.
Kepercayaan orang Bugis kepada “Dewata SeuwaE” dan “PatotoE” sampai   saat ini masih ada saja bekas-bekasnya dalam bentuk tradisi dan upacara adat. Kedua kepercayaan asli tersebut mempunyai konsep tentang alam  semesta yang diyakini oleh masyarakat pendukungnya terdiri atas tiga  dunia, yaitu dunia atas  (BOTILANGI), dunia tengah (ALEKAWA) yang didiami manusia, dan dunia bawah (PARETIWI). Tiap-tiap dunia tersebut mempunyai penghuni masing-masing satu sama lain saling  mempengaruhi dan pengaruh itu berakibat pula terhadap kelangsungan kehidupan manusia.
Dalam kehidupan masayarakat Bugis pada awalnya memiliki sejumlah mitos. Seperti dalam Sure’ La Galigo menjelaskan tentang awal mula dihuninya  negeri Bugis, yaitu ketika Batara Guru dari Boti langi (dunia atas) bertemu di tanah Luwu dengan We Nyelli Timo dari Buri’liung (dunia bawah), Simpuru’siang di Luwu. Sengngridi di Bone. Petta Sekkanyili di Soppeng, Puteri Tammalate di Gowa, semuanya adalah Tomanurung yang membentuk masyarakat Bugis-Makassar .
Dalam sastra Nusantara cukup banyak  jenis sejarah, seperti dalam sastra Jawa, Sunda, Bali, Madura, dan Lombok. Khusus dari sastra daerah lokal   di atas menggunakan kata babad. Dalam sastra Jawa di samping kata babad digunakan kata lain sebagai kata awal judulnya, yaitu, sejarah, pustakaraja.
Dalam sastra Sunda, selain kata babad sebagai kata awal judulnya, juga digunakan kata lain seperti, sejarah, cerita, pancakaki (pertalian kekerabatan/hubungan  genealogis). Dalam  sastra  Lombok  dikenal ” babad Lombok “, di Madura dengan judul “Babad Madura”.
Dalam Sastra Bugis jenis sastra sejarah ini dikenal dengan judul  Lontara’. Kemudian lontara’ ini dibagi dalam beberapa golongan,      yaitu Lontara’ Attariolong (sejarah), Lontara’ Ade (adat-istiadat), Lontara’ Ulu Ada (perjanjian), Lontara’ Allopi-lopiang (pelayaran),  Lontara’ Pengoriseng (silsilah), Lontara’ Pallaoruma (pertanian), dan Lontara’ Belang (nujum) .
I La Galigo merupakan sebuah cerita tentang sebuah cara hidup, filsafat  yang mendasarinya, serta nilai-nilai dasar yang menjadi tonggak    masyarakat Sulawesi Selatan. Keberadaan  masyarakat ini dengan cara  hidupnya diekspresikan dalam tradisi tutur dan tulis yang  mereka  kembangkan menjadi sastra lokal.
Dalam periode pendudukan Belanda abad ke-19, tradisi tutur I La Galigo    disatukan untuk kemudian dituliskan dalam sebuah kumpulan naskah sepanjang 6000 halaman atau 12 jilid. Naskah ini tidak tersentuh dan   nyaris dilupakan kehadirannya karena sejak pembuatannya naskah tersebut tersimpan di perpustakaan di Belanda.
Pada akhir abad ke-20, atas prakarsa beberapa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan, naskah yang tersimpan di Belanda tersebut, akhirnya dibuka kembali. Sayangnya baru satu jilid yang berhasil diterjemahkan. Sisanya masih tetap tersimpan dan tidak terakses oleh masyarakat itu sendiri maupun  masyarakat Indonesia lainnya.
Tertutupnya akses atas naskah tersebut, tidak berarti mematikan tradisi awal tentang cara hidup yang tetap bertumbuh dan melebur menjadi kebudayaan Bugis sebagaimana yang kita kenal saat ini. Filsafat  dasar  ataupun  nilai-nilai yang mengatur pranata hidup masyarakat Sulawesi Selatan tetap mengacu pada kebiasaan lama, sebagaimana yang dinarasikan oleh I La Galigo.
Filsafat hidup secara fundamental, dipahami sebagai nilai-nilai sosio kultural yang dijadikan oleh masyarakat pendukungnya sebagai patron dalam melakukan aktivitas keseharian. Demikian penting dan berharganya nilai  normatif ini, sehingga tidak jarang ia selalu melekat kental pada   setiap pendukungnya meski arus modernitas senantiasa menerpa dan menderanya. Bahkan dalam implementasinya, menjadi ruh atau spirit untuk menentukan pola pikir dan menstimulasi tindakan manusia, termasuk dalam memberi motivasi usaha.
Mengenai nilai-nilai motivatif yang terkandung dalam filsafat hidup,  pada dasarnya telah dikenal oleh manusia sejak masa lampau. Tatkala zaman “ajaib” berlangsung yakni lima hingga enam ratus tahun sebelum masehi, di seluruh belahan bumi muncul orang-orang bijak yang mengajari manusia  tentang cara hidup.
Tak terkecuali orang Bugis, dimasa lampau juga  telah memiliki sederet nama orang bijak yang banyak mengajari masyarakat  tentang filsafat etika. Hal ini tercermin melalui catatan sejarah bahwa perikehidupan manusia  Bugis sejak dahulu, merupakan bagian integral  dan  tidak  dapat dipisahkan secara dikotomik dari pengamalan aplikatif pangaderrang. Dikotomik merupakan suatu konsep teologis yang menyatakan bahwa diri manusia dapat dibedakan dalam dua aspek, yakni jiwa yang bersifat rohani dan tubuh yang bersifat jasmani.
Makna Pangadereng dalam konteks ini adalah keseluruhan norma yang meliputi bagaimana seseorang harus bertingkah laku terhadap sesama   manusia dan terhadap pranata sosialnya yang membentuk pola tingkah    laku serta pandangan hidup. Demikian melekat-kentalnya nilai pangadereng ini di kalangan orang Bugis, sehingga dianggap berdosa jika tidak melaksanakannya.
Adapun implementatif Pangadereng sebagai falsafah hidup orang Bugis, memiliki 4 (empat) asas sekaligus pilar yakni:
(1) ASAS MAPPASILASAE, yakni memanif estasikan Ade’ bagi  keserasian  hidup  dalam  bersikap  dan bertingkah laku memperlakukan dirinya dalam pangadereng ;
(2) ASAS MAPPASISAUE, yakni diwujudkan  sebagai  manifestasi ade’ untuk    menimpahkan deraan pada tiap pelanggaran Ade’ yang  dinyatakan  dalam bicara. Azas ini menyatakan pedoman legalitas dan represi yang dijalankan dengan konsekuen;
(3) ASAS MAPPASINRUPAE, yakni mengamalkan ade’ bagi kontinuitas pola-pola   terdahulu yang dinyatakan dalam rapang;
(4) ASAS MAPPALLAISENG, yakni manifestasi Ade’ dalam memilih dengan jelas batas hubungan antara manusia dengan institusi-institusi sosial, agar  terhindar dari masalah dan instabilitas lainnya. Hal ini dinyatakan dalam wari untuk setiap variasi perilakunya manusia Bugis. Nilai-nilai luhur  yang  terkandung  dalam filsafat hidup orang Bugis tersebut, menarik dihubungkan dengan etos kerja orang Bugis di jazirah Selatan pulau Sulawesi.
Bagikan artikel ini..!!
Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.Siap melayani anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa kami 24/7.
Hubungi Kami