Hub Kami : ( 085 )779 188 529
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

Cara Membuat Aquarium

Cara Membuat Aquarium – Memelihara ikan bisa jadi hobi yang paling murah. Disamping harga ikan yang tidak terlalu mahal, perawatan dan aquarium pemeliharaannya juga tidaklah mahal. Sehingga siapa saja dapat melakukan hobinya tanpa khawatir kalau terlalu boros.
Apalagi jika mau membuat aquarium sendiri, selain bisa berhemat, bentuknya juga dapat disesuaikan keinginan kita. Namun ternyata banyak yang masih belum tahu cara membuat aquarium ikan hias. Padahal cara membuat aquarium ikan hias sangatlah mudah, hanya butuh beberapa langkah mudah dan biaya yang murah. Caranya bagaimana? Baiklah silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Cara Membuat Aquarium Air Tawar Minimalis

Cara Membuat Aquarium Minimalis - Aquarium air tawar minimalis
Aquarium air tawar minimalis. (bisnisborneo.com)
Membuat aquarium air tawar adalah yang paling mudah. Selain dapat dikerjakan dengan cepat, persiapannya juga cukup sederhana. Sehingga setelah selesai dapat langsung diisi ikan hias.

Persiapan dan Bahan

  • Kaca Bening, dengan tebal 1 cm
  • Alat pemotong kaca
  • Lem kaca
  • Cutter/silet
  • Amplas kaca
  • Lakban ukuran besar
  • Spidol berwarna
  • Penggaris
  • Batu hias
  • Stiker background aquarium
  • Tanaman artifisial/tanaman plastik
  • Skimer/penyaring air elektronik dan filter
  • Lampu hias
  • Papan penyangga skimer dan filter

Langkah-langkah Membuat Aquarium Air Tawar Minimalis

  1. Tentukan dulu ukuran akuarium yang ingin dibuat. Idealnya ukuran aquarium air tawar adalah 100 cm – tinggi 60cm – lebar 30 cm atau panjang 100 cm – tinggi 40 cm – lebar 50 cm. Ukur dengan cermat dan tandai dengan spidol berwarna.
  2. Potong kaca bening tadi dengan pemotong kaca sesuai ukuran yang sudah kamu tentukan. Usahakan dengan rapi dan rata, supaya saat di gabung tidak terdapat celah antar sambungan.
  3. Amplas bagian tepi kaca yang sudah dipotong tadi supaya tidak membahayakan. Selanjutnya susun sesuai posisi masing-masing panel kaca tersebut. Rekatkan masing-masing sambungan panel kaca tersebut dengan lakban dari bagian luar.
  4. setelah panel kaca dapat menahan seluruh bagian panel kaca, sekarang waktunya pengeleman. Oleskan lem kaca dari sambungan bagian dalam terlebih dahulu. Gunakan jari telunjuk agar sambungan antar panel kaca tertutup sempurna.
  5. Ulangi cara pengeleman tersebut sampai semua bagian tertutup sempurna. Selanjutnya tunggu sampai benar-benar kering, kira-kira 20-30 menit. Setelah itu lepas lakban dan olesi bagian luar dari sambungan panel kaca tersebut dengan rapi dan rapat.
  6. Tunggu selama 20-30 menit agar kering lalu cek kondisi aquarium. Tuangkan air kedalam aquarium dan cek sambungan antar panel kaca aquariumnya. Jika ada kebocoran tandai dan olesi lem kaca di bagian tersebut. Lalu cek kembali apakah sudah fix atau belum.
  7. Jika sudah, buang airnya dan keringkan bagian dalam aquarium dengan kain bersih yang kering. Pasang stiker backgroung aquarium dari bagian dalam aquarium. Setelah itu tata batu-batuan hias dan tanaman artifisial di bagian dasar aquarium.
  8. Tuangkan air tawar dari sumur/keran yang tidak berkaporit menggunakan selang dari dasar aquarium. Isi setidaknya ½-3/4 bagian aquarium, jangan sampai penuh. Letakkan penyangga skimer dan filter di bagian atas aquarium, lalu pasang skimer dan filter di atasnya. Tambahkan lampu hias, letakkan di belakang stiker background atau di atas aquarium.
  9. Terakhir, masukkan ikan hias yang sudah kamu beli ke dalam aquarium. Nyalakan skimer dan lampu hias. Sekarang aquarium air tawar minimalisnya sudah selsesai dibuat.

2. Cara Membuat Aquarium Air Laut Minimalis

Cara Membuat Aquarium Minimalis - Aquarium air laut minimalis
Aquarium air laut minimalis. (beritalurus.com)
Khusus untuk aquarium air laut, pengerjaannya sedikit lebih sulit dibandingkan aquarium air tawar. Selain perlu kecermatan memilih tebal kaca, hiasan di dalamnya juga tidak boleh sembarangan. Supaya pH air laut buatan di dalamnya tidak terpengaruh.

Persiapan dan Bahan

  • Kaca Bening, dengan tebal 1-2 cm
  • Alat pemotong kaca
  • Lem kaca/lem aquarium
  • Cutter/silet
  • Amplas kaca
  • Lakban ukuran besar
  • Spidol berwarna
  • Penggaris
  • Batu karang hias
  • Pasir laut hias
  • Stiker background aquarium tema terumbu arang
  • Terumbu karang buatan
  • Skimer/penyaring air elektronik dan filter
  • Lampu hias
  • Papan penyangga skimer dan filter

Langkah-langkah Membuat Aquarium Air Laut Minimalis

  1. Tentukan ukuran akuarium air laut yang ingin kamu buat. Khusus untuk aquarium laut yang Ideal mempunyai ukuran 100 cm – tinggi 100cm – lebar 80 cm atau kelipatannya. Usahaan mengukurnya dengan cermat, kemudian tandai dengan spidol berwarna.
  2. Potong kaca bening sesuai ukuran yang kamu tetapkan dengan pemotong kaca. Potong dengan rapi dan rata, supaya tidak terdapat celah rembesar antar sambungan panel kaca aquarium.
  3. Jika sudah, amplas semua bagian tepi kaca agar tidak mecederai tangan. Kemudian susun panel kaca sesuai posisi masing-masing. Rekatkan anatar sambungan panel kaca tadi dengan lakban dari bagian luarnya.
  4. Jika dirasa sudah kuat dan tersusun dengan pas, segera lakukan proses pengeleman. Caranya, oleskan lem kaca dari sambungan antar panel di bagian dalam aquarium. Pakai jari telunjuk supaya sambungan antar panel kaca tertutup sempurna tanpa celah rembesan.
  5. lakukan cara pengeleman seperti itu sampai semua bagian sambungan tertutup sempurna. Lalu diam sampai benar-benar kering, kira-kira 20-30 menit setelah pengeleman selesai. Setelah itu lepaskan lakban dan olesi bagian sambungan luarnya dengan rapi dan rapat.
  6. Tunggu lagi selama 20-30 menit sampai bagian luarnya kering lalu cek kondisi aquarium. Tuangkan air kedalam aquarium dan cek sambungan antar panel kaca aquariumnya. Jika ada kebocoran, tandai dan oleskan kembali lem kaca di bagian tersebut. Lalu cek sekali lagi apakah sudah fix atau belum.
  7. Jika sudah, buang airnya dan keringkan bagian dalam aquarium, lalu lap dengan kain bersih dan kering. Pasang stiker backgroung aquarium tema laut dari bagian dalam aquarium. Setelah itu tata pasir laut, terumbu karang buatan dan karang hias di bagian dasar aquarium.
  8. Tuangkan air laut yang sudah dibeli dari penjaul ikan atau bisa membuatnya sendiri. Siapkan air tawar 10 liter, garam dapur 0,28 gr garam dapur, 69,2 gr magnesium sufat, 6,7 gr kalium klorida, 1 gr Natrium bromida dan 14,5 gr kalsium klorida. Larutkan semua bahan tersebut sampai rata dan tuangkan dalam aquarium tadi menggunakan selang dari bagian dasar aquarium. Isi sampai ketinggian air memenuhi ½-3/4 bagian aquarium, jangan sampai penuh.
  9. Letakkan papan penyangga skimer dan filter di bagian atas aquarium. Selanjutnya pasang skimer dan filter di atasnya. Tambahkan juga lampu hias di bagian belakang stiker background atau di atas aquarium.
  10. Terakhir, masukkan ikan hias air asin yang sudah kamu beli ke dalam aquarium tadi. Nyalakan skimer dan lampu hias, dengan begitu aquarium air laut minimalisnya sudah selsesai dibuat.
Demikianlah langkah-langkah serta cara membuat aquarium minimalis, murah dan mudah buatan sendiri. Semoga dapat memberikan pencerahan tentang bagaimana cara membuat akuarium sendiri di rumah.
Sekedar tips saja, untuk jumlah ikan per akuarium dengan lebar 100 cm adalah 5-10 ekor ikan. Jika terlalu banyak aquarium tidak akan terlihat indah. Sebaliknya jika terlalu sedikit justru terlihat sepi.
Tetapi semua tergantung selera masing-masing, yang jelas ikan harus dirawat dengan baik dan dipelihara sepenuh hati. Sebab memelihara berarti bertanggungjawab merawat dan juga menjaga kelangsungan hidup peliharaannya.
Bagikan artikel ini..!!
Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.Siap melayani anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa kami 24/7.
Hubungi Kami