Hub Kami : ( 085 )779 188 529
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

Bola Soba/Saoraja




Bola Soba/Saoraja
Bola Soba adalah (Rumah Persahabatan), merupakan salah satu bangunan bersejarah di Watampone, ibukota Kabupaten Bone. Tempat ini menjadi objek wisata sejarah ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, tak hanya dari Kabupaten Bone, bahkan juga dari Jawa, Balikpapan, Kalimantan Timur, Malaysia hingga warga Jerman.
Menempati lahan seluas ½ hektar, Bola Soba memiliki panjang 39,45 meter ini terdiri dari empat bagian utama, yakni lego-lego (teras) sepanjang 5,60 meter, rumah induk (21 meter), lari-larian/selasar penghubung rumah induk dengan bagian belakang (8,55 meter) serta bagian belakang yang diperuntukkan sebagai ruang dapur (4,30 meter).
Dari luar bangunan ini tampak seperti bangunan rumah panggung tradisional ala masyarakat Bugis. Di dalam bangunan, terdapat beberapa perlengkapan kesenian, seperti kostum tari dan gong. Selain itu, di bagian lain ruangan terdapat ‘bangkai’ meriam tua, potret Arung Pallakka, silsilah raja-raja Bone, serta beberapa benda-benda tertentu yang sengaja disimpan pengunjung.
Bola Soba dibangun pada masa pemerintahan Raja Bone ke-30, La Pawawoi Karaeng Sigeri sekitar tahun 1890 sebagai kediaman raja. Kemudian ditempati oleh putranya yang diangkat menjadi Petta Ponggawae (Panglima perang) Kerajaan Bone. Singkap rumah (timpa’laja) yang awalnya lima dikurangi menjadi empat sebab dalam tata kehidupan masyarakat Bugis, lima singkap timpa’laja dalam bangunan rumah diperuntukkan bagi rumah raja dan timpa’laja dengan empat singkap untuk putra raja.
Ketika Belanda menguasai Kerajaan Bone pada masa itu, Saoraja Petta Ponggawae ini pun jatuh ke tangan Belanda dan dijadikan sebagai markas tentara. Tahun 1912, difungsikan sebagai mes atau penginapan untuk menjamu tamu Belanda. Dari sinilah penamaan Bola Soba’ yang berarti rumah persahabatan. Bola Soba’ juga pernah difungsikan sebagai istana sementara Raja Bone, menjadi markas Kesatuan Gerilya Sulawesi Selatan (KGSS), menjadi asrama TNI, hingga kemudian dijadikan sebagai bangunan peninggalan purbakala.
Bagikan artikel ini..!!
Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.Siap melayani anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa kami 24/7.
Hubungi Kami